Rabu, 03 April 2013

Resep Takoyaki

halooo halooo...

udah lama ga nongol nieh, hehe.. Malam ini aq mau berbagi resep jajanan khas Jepang yg enak n mudah dibuatnya, yaitu Takoyaki. Takoyaki merupakan jajanan khas Jepang yg berbentuk bulat dan biasanya berisi tako (gurita), takoyaki paling enak dimakan saat masih panas-panas.. nyammmii bgt... mungkin di daerah kalian sudah banyak yg menjual takoyaki di pinggiran jalan dgn harga yg terjangkau, tapi karena aq suka bgt sama jajanan yg satu ini, jd aq berinisiatif untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.. Alat paling penting yg harus kita punya adalah Takoyaki pan-nya karena kalau bentuknya tidak bulat rasanya gmn gitu liatnya.. hehe... Takoyaki pan yg aq punya berisi 15 lubang, waktu itu aq nyari2 di lampung ga ketemu, ada jg yg jual harganya mahalllll, hehe.. akhirnya nyari2 di mbah google ketemu deh di situs diskon.com dgn harga yg muraaaaah bgt yaitu Rp165.000 We O We!
cuusss ini dia takoyaki pannya.



Aq sudah berulang-ulang mencoba mengikuti resep yg ada d buku resep, dan resep2 dr mbah google. ini resep awal yg aq cobain:
(bahan adonan semua di campur dan diaduk selama 3menit)
10 sdm tepung rendah protein
1/4 sdt baking powder
1 butir telur
1/2 sdt garam halus
1/4 sdt lada hitam
250ml air dingin/biasa

isi: irisan tako
(bahan saus) 1sdm kecap inggris, 2sdm saus tomat, 1/2sdm mustard, 1sdm kecap asin (setelah jadi disiram di atas tako saat panas, lalu ditambah mayones dan ditaburi bubuk nori dan ikan cakalang kering.

Tp kok semuanya pd agak aneh jadinya, karena bahan utama tepung takonya kurang spesifik diberitahunya. Semuanya menyebutkan tepung rendah protein, yg aq tau tepung rendah protein itu Kunci Biru, Cakra Kembar, dan Lencana Merah. Pertama, aq coba buat dgn tepung kunci biru, tp hasil na rasanya seperti kue dan agak enek, lalu aq coba lg dengan tepung cakra kembar, dgn cakra kembar rasanya agak lumayan mendekati tp waktu itu aq salah buat saosnya jd tetep aja Gatot! hehe... Akhirnya nanya lg deh sm mbah google, dan ketemu yg jualannya tepung tako 1 set gt lengkap beserta saus, dan ikan cakalangnya. 
Kalian bisa langsung beli bahan-bahannya dan aq udh nyoba hasilnya emang yummmiii.. hihihi..
oya, takoyaki yg aq buat aq isi dengan varian isi sosis dan keju.
Ini takoyaki hasil buatanku...



 selamat mencoba ya teman-teman....

5 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates